Sunday, September 28, 2014

Pengamat LIPI : Jokowi Tak Miliki Wibawa di Internal PDI P



Presiden terpilih Jokowi dinilai tidak punya kewibawaan di internal PDI P, sebab Jokowi tidak pernah memberikan kontribusinya secara langsung dalam kepengurusan partai.



"Pak Jokowi belum pernah jadi pengurus PDIP. Maka konsekuensinya jelas bahwa, pengaruh kewibawaan Pak Jokowi di internal juga jauh dibawah Mega dan elit PDI P lainnya," kata Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pandu Yuhsina, Minggu, 28 September 2014.



Menurut Pandu, Jokowi tidak akan bisa mengendalikan PDI P, bahkan sangat dimungkinkan bakal dikendalikan oleh partai yang telah membawa dirinya menjadi orang nomor satu di Indonesia.



"Konsekuensinya tentu, dia (Jokowi) tidak begitu punya kekuatan signifikan untuk kendalikan partainya. Dia harus hadapi desakan-desakan partainya sendiri," ujarnya.



Menurut Pandu, pada akhirnya, Jokowi akan memberikan porsi menteri lebih banyak kepada PDI P. Sebab, mau tidak mau, suka atau tak suka, dorongan itulah yang dilakukan internal partainya.



"Mau tidak mau, partai akan dorong itu. Kalau nggak dorong, itu namanya bukan agenda politik, tapi agenda kerja bakti," demikian imbuh Pandu.



Pandu menambahkan, partai-partai yang mengusung Jokowi juga melakukan hal yang sama. Seperti PKB, Hanura, PKPI, NasDem.



"Meskipun diawal ngakunya koalisi tanpa syarat. Apa mungkin begitu ? Jadi gimana sikap Jokowi. Lihat posisi jokowi gimana nanti kabinetnya," tambahnya. (fs)











sumber : http://ift.tt/YzYtEj

No comments:

Post a Comment