Friday, December 26, 2014

Erdogan Kirim Ucapan Selamat Natal Tertulis






Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan ucapan selamat Natal kepada warga Turki dan penganut Kristen pada umumnya lewat pesan tertulis di malam Natal 24 Desember 2014.



“Saya ingin mengucapkan selamat Hari Natal bagi seluruh umat Kristen di dunia, dan khususnya warga Kristiani kami, dan saya berharap mereka damai, bahagia dan sejahtera,” bunyi pernyataan Erdogan dikutip Hurriyet.



Erdogan menegaskan bahwa orang-orang yang menyelamatkan diri dari perang, penindasan dan penderitaan menemukan perlindungan di Turki.



"Turki masih menjadi tempat di mana seluruh warganya, tidak peduli apa agama mereka, kepercayaan, etnis atau sekte, hidup dalam kedamaian, ketenangan dan keamanan, yakin akan masa depan mereka [yang cerah] di tengah konflik-konflik dan instabilitas regional," ujar Erdogan.



Patriakh Orthodoks Yunani memimpin dua misa malam Natal pada 24 Desember di Gereja St. George (Aya Yorgi) di Istanbul, kota yang dulu dikenal sebagai Konstatinopel dan hingga kini menjadi pusat Gereja Orthodoks Timur.



Gereja St. Anthony, gereja Katolik terbesar di Turki yang terletak di Istanbul, juga menyelenggarakan misa malam Natal dalam berbagai bahasa, termasuk Polandia dan Italia.



Sementara itu pemimpin tertinggi Katoik Roma Paus Fransiskus mengirimkan pesan Natal pada 21 Desember, di mana dia menyatakan bahwa dirinya secara pribadi maupun gereja secara keseluruhan merasakan “kedekatan dan solidaritas” dengan umat Kristen di Timur Tengah dan menyampaikan kalimat pelipur lara serta harapan bagi mereka yang sedang menghadapi kesusahan karena berbagai konflik di kawasan itu. (sumber: Hidayatullah)







sumber : http://ift.tt/1H2floa

No comments:

Post a Comment