Monday, June 30, 2014

Survei IRC: Elektabilitas Prabowo-Hatta Unggul Tipis atas Jokowi-JK




JAKARTA - Indonesia Research Centre (IRC) merilis temuan survei teranyarnya. Hasilnya, pasangan calon presiden (capres) yang diusung Koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa unggul tipis dari rivalnya yakni pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).



Survei tersebut digelar pada 14 hingga 20 Juni 2014, itu menghasilkan bahwa Prabowo-Hatta menghasilkan elektabilitasnya sebesar 47,5 persen dibayangi Jokowi-JK yang hanya mendapatkan 43 persen.



"Debat capres berpengaruh pada elektabilitas kedua calon, terlebih pada Prabowo-Hatta," ujar Manajer IRC Yunita, saat jumpa pers di Jakarta, Senin (30/6/2014).



Meski perolehannya sangat tipis lanjut dia, ke depan episode debat capres yang tersisa akan memengaruhi pilihan pemilih khususnya bagi mereka yang belum memiliki keputusan sebanyak 10 persen.



Jumlah ini akan sangat memengaruhi hasil akhir pilpres, mengingat selisih suara keduanya saat ini masih tipis," bebernya.



Survei ini melibatkan sebanyak 1.200 sampel di seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan metode multistage random sampling serta metode wawancara tatap muka secara langsung, sedangkan untuk margin of error 2,8 persen. Adapun tingkat kepercayaannya mencapai 90 persen. (put/okezone)









sumber : http://ift.tt/1qt57I8

No comments:

Post a Comment