Thursday, May 29, 2014

"Allah Itu Dekat" | based on true story



Oleh Dedhi Suharto

Penulis buku Keluarga Qur'ani (Gramedia, 2011)



SINOPSIS




"Allah Itu Dekat" (AID) sebuah novel based on true story. Novel tersebut berdasarkan kisah nyata tokoh Aku dan Hendra.



Aku seorang anak muslim yang tumbuh dalam kondisi miskin di Indonesia, tak punya biaya untuk kuliah setelah lulus SMA. Masa depannya gelap hingga bisa kuliah di STAN dan mengalami banyak peristiwa dalam hidupnya. Aku dipukuli copet hingga hampir mati, terlibat demonstrasi masa reformasi 1998, melanglang buana ke luar negeri bertemu dengan muslim Indonesia di Amrik dan berdakwah di sana. Itu semua semakin menegaskan dirinya bahwa Allah Itu Dekat.



Sedangkah Hendra seorang anak non-muslim yang tumbuh dalam kondisi berkecukupan di salah satu negeri Asia, yang menghadapi situasi sulit karena prahara keluarga yang menimpa ayah-ibunya akibat adanya WIL (wanita idaman lain). Hendra kuliah di fakultas teologi hingga menjadi doktor teologi, yang berhasil memurtadkan banyak kaum muslimin di Indonesia. Perjalanan hidupnya membuatnya berhasil mendapatkan hidayah masuk Islam (mualaf) dan berdakwah untuk Islam. Sejak itu Hendra bersama delapan temannya diburu oleh otoritas yang sebelumnya menugaskannya memurtadkan umat Islam. Satu per satu rekan-rekannya mati tertembak. Hendra sempat di tembak tetapi hanya terkena kakinya dan berhasil meloloskan diri. Itu semua menegaskan kepada dirinya bahwa Allah Itu Dekat.



Lalu kedua tokoh itu bertemu di sebuah masjid. Sementara itu malaikat maut terus memburu...



***



BEHIND THE SCENE



Novel ini bermula dari keinginan sang penulis membagi pengalaman hidupnya yang penuh dinamika. Penulis merasakan hidup bahagia meskipun hidup dalam kondisi sederhana sebagai PNS Kementerian Keuangan. Sejak 2012 kurang lebih setahun penulis berusaha menuangkan kisah hidup dalam lembaran novel yang rencananya diberi judul Terdampar di Jurang Mangu hingga akhirnya jadi sebuah novel dengan jumlah halaman yang tipis. Ini membuat penulis berpikir ulang apakah pantas naskahnya diterbitkan?



Di saat buntu seperti itu, penulis berkenalan dengan seorang mualaf yang berasal dari negeri Asia. Tanpa diduga, sang mualaf menceritakan kisah hidupnya yang dramatik. Maka terinspirasilah sang penulis memadukan dua kisah yang berbeda namun punya benang merah pada kalimat “Allah Itu Dekat”. Kisah itu pun dipadukan dengan penuturan selang-seling dan disajikan dengan tone yang harmoni.



Setelah beberapa kali bertemu, penulis dan Hendra berpisah. Hendra mengganti nomor kontaknya sehingga penulis, yang mengkhawatirkan keselamatannya, tak bisa menghubunginya selama setahun. Saat penulis mempublikasikan bahwa Allah Itu Dekat terbit, melalui japri Hendra mengucapkan selamat. Penulis sangat bahagia bisa kontak kembali dengan Hendra dan menyampaikan keinginan untuk mengirimkan novel Allah Itu Dekat tetapi Hendra tak memberikan alamatnya.



Pada saat launching pertama novel Allah Itu Dekat di kampus penulis bulan Mei 2014, tiba-tiba panitia menghubungi penulis. Penulis pikir itu isteri yang memanggil untuk mengajak pulang. Penulis keluar gedung dan melihat seseorang bermantel hingga menutupi kepalanya dan berkaca mata hitam dan sulit dikenali. Tapi penulis mengenali. Sang tokoh novel itu hadir! Penulis memeluk Hendra dengan tangis sesenggukan, merasa bahagia bisa bertemu kembali di hari launching novel Allah Itu Dekat. Amazing!



Saat di launching, Novel Allah Itu Dekat telah dipesan/dibeli lebih dari 150 buku. Novel ini berpotensi menjadi best seller meskipun saat ini dicetak terbatas 1000 buku.



Salah satu yang unik dari novel ini adalah ada quiz novel berhadiah di halaman akhir buku. Pemenang I Rp 500.000, Pemenang II Rp 300.000, Pemenang III Rp 200.000, dan 10 pemenang hiburan berhadiah buku/kaos. Pemenang ditentukan berdasarkan ketepatan jawaban dan kecepatan menjawab. Pengumuman pemenang pada tanggal 10 Agustus 2014 yang menjadi deadline quiz Novel Allah Itu Dekat.



***



Novel Allah Itu Dekat memiliki spesifikasi sebagai berikut:



Ukuran 13,5 x 20 cm kertas book paper 58 gram (tebal isi 321 hal di luar kata pengantar dll)



ISBN 978-602-70451-0-1 Penerbit AID Inspiration



Harga Rp 50 ribu (free ongkir kecuali geografi khusus)



Cara pemesanan: melalui mention twitter @dedhi_suharto atau ke HP 08979 560850.



Sementara ini Novel Allah Itu Dekat tidak dijual di toko-toko buku.










sumber : http://ift.tt/1gFxzCU

No comments:

Post a Comment