Wednesday, May 28, 2014

Anis Matta Nilai Polri di Bawah Presiden Sudah Tepat



pkssumut.or.id, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai institusi Polri belum perlu ditempatkan di bawah menteri negara.



Presiden PKS Anis Matta mengatakan, institusi Bhayangkara itu sudah tepat berada di bawah langsung presiden.



"Yang sekarang itu sudah bagus. Organisasi ini kan sedang dimekarkan, maka negara yang besar ini perlu waktu untuk pemetaan," kata Anis menjawab pertanyaan INILAHCOM, di Jakarta, Selasa (27/5/2014).



Hal itu menanggapi visi misi Jokowi-Jusuf Kalla sebagai pasangan capres-cawapres yang ingin menempatkan institusi Polri di bawah kementerian negara.



Menurutnya, wacana untuk menempatkan Polri di bawah menteri sudah lama. Namun, posisi Polri saat ini sudah tepat.



"Ide ini sudah lama. Tapi ini akan berbeda situasinya, saya secara pribadi melihat ini perlu mempelajari secara mendalam," tegas Anis.



Diketahui, pasangan capres Jokowi-JK merevisi visi misinya terkait rencana untuk menempatkan Polri di bawah kementerian negara. Rencana itu terdapat dalam penjelasan mengenai berdaulat dalam politik. Pada halaman 15 dokumen tersebut atau tepatnya di poin 3 e.



"Kami akan menata kelembagaan dan tata wewenang Polri melalui pemisahan antara kewenangan pengambilan keputusan dan kewenangan pelaksanaan keputusan yang hingga saat sekarang masih tumpang tindih. Hal itu dilakukan dengan menempatkan Polri dalam kementerian negara yang proses perubahan dilakukan secara bertahap." (inilah)





sumber : http://ift.tt/1heW4aC

No comments:

Post a Comment